Air-Terjun-Benang-Kelambu
Lombok

15 Destinasi Wisata Alam Dekat Sirkuit Mandalika NTB Terbaik Buat Dikunjungi!

Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit akan menjadi zona MotoGP 2022. Presiden Joko Widodo telah mengesahkan Sirkuit Mandalika di Lombok ini pada 12 November 2021. Di sekitar kawasan tersebut, wisatawan bisa menemukan sejumlah tempat wisata alam mulai dari perbukitan hingga pantai. Lokasinya berada di wilayah pesisir, terkenal dengan tempat wisata pantai.

Faktanya, Lombok merupakan Kawasan Ekonomi Khusus yang masuk dalam salah satu destinasi super prioritas. Gak heran kalau kawasan ini memiliki daya tarik spesial yang menjadi incaran wisatawan. Berikut adalah 15 Destinasi Wisata dekat Sirkuit Mandalika yang wajib banget kamu kunjungi.

baca juga : Pesona pantai pink Lombok, Keindahan Nusantara

1. Pantai Kuta Mandalika

Menikmati pemandangan alam di Pantai Kuta Mandalika, Lombok.

Pantai Kuta Mandalika selain tenar dengan laut biru nan indah, pasir putih, dan perbukitan hijau, ada beberapa Wahana air yang diantaranya berupa windsurfing, banana boat, dan paralayang. Pantai ini dapat bisa ditempuh dicapai memakai mobil atau motor dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit dari Sirkuit Mandalika.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dapat menikmati panorama hamparan pasir putih. Untuk menikmati pemandangan di kawasan tersebut perlu membayar parkir mulai dari Rp 10.000 untuk kendaraan beroda empat, dan mulai dari Rp 5.000 untuk motor.

2. Pantai Penyisok

wowenak.com – Pantai Penyisok ini menyajikan pemandangan hamparan luas Samudera Hindia dikelilingi tebing batu yang menjulang tinggi. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin bersantai atau Healing untuk melupakan semua problema hidup. Akses menuju Pantai Penyiosok ini terbilang cukup sulit, namun semua akan dibayar dengan panorama yang menakjubkan saat kamu sampai di lokasi.

3. Pantai Tanjung Aan

Landscape hamparan pasir putih pantai Tanjung Aan.

Pantai Tanjung Aan ini terletak di Sengkol, Kuta, Lombok Tengah. Sekitar 10 menit jika kamu berangkat dari lokasi Sirkuit Mandalika. Keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini berupa hamparan luas pasir putih yang memanjakan mata. Selain itu, kamu juga bisa snorkeling dan mencicipi kuliner khas area pantai Tanjung Aan. Untuk biaya parkir di pantai ini sekitar Rp 10.000 untuk mobil dan RP 5.000 untuk motor.

4. Bukit Merese

Sunset di Bukit Merese

Terletak di jalan Kuta Lombok, Kuta, Lombok Tengah. Bukit Merese ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Wisatawan dapat menyaksikan matahari terbit atau terbenam di kawasan ini. Bukit ini juga mengelilingi pantai Tanjung Aan.

Wisatawan yang ingin memasuki bukit ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis, kamu hanya perlu berjalan dari pantai Tanjung Aan menuju bukit Merese. dari Sirkuit Mandalika tempat ini relatif dekat, kamu hanya perlu 10 menit untuk menuju bukit ini menggunakan mobil.

5. Pantai Batu Berang

Hutan Bakau di sekitar pantai Batu Berang

Pantai Batu Berang beralamat di Serenang, Mertak, Pujut, Lombok Tengah. Terletak tak jauh dari Sirkuit Mandalika, kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 15 menit saja menggunakan mobil.

Pantai ini menyajikan pemandangan bernuansa hutan bakau atau mangroove di sekitar muara dekat pantai. Tanpa perlu membayar tiket masuk kamu dapat menikmati keindahan di sekitar pantai ini. Cukup membayar biaya parkir Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 5.000 untuk motor.

6. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Spot foto di Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun merupakan kawasan wisata alam yang menawarkan view khas lereng Gunung Rinjani, Lombok. View yang didominasi oleh bukit-bukit, gunung, hamparan area sawah, serta rumah adat yang bernilai sejarah yang sangat tinggi.

Lokasi Taman Wisata Pusuk Sembalun terletak di kaki Gunung Rinjani. Adapun alamat Taman Wisata Pusuk Sembalun berada di Jl. Wisata Gunung Rinjani, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Adapun tiket untuk masuk Taman Wisata Pusuk Sembalun adalah sebesar Rp. 5.000. Sedangkan untuk parkir mobil Rp. 5.000 dan untuk motor Rp. 2.000

7. Desa Mertak

View dari atas bukit kawasan Desa Mertak

Desa Mertak Tombok merupakan salah satu desa dari 6 desa dan 9 Kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Desa ini juga merupakan salah satu desa wisata yang tercantum dalam Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika. Wisatawan bisa menemukan pantai, pegunungan, dan hutan bakau di kawasan ini.

8. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti yang memacu adrenalin

Air terjun ini mengalir deras dan dibelakangnya merupakan tebing kokoh yang sangat indah. Udara di Air Terjun Mangku Sakti Lombok Timur ini sangatlah adem. Ideal banget sebagai tempat untuk ngadem atau refreshing guna menghilangkan rasa penat dari kesibukan sehari-hari. Apalagi sibuk dengan aktivitas di perkotaan yang membosankan. Sangat asyik rasanya dikala tamasya bisa menghabiskan waktu dengan mengunjungi wisata alam seperti air terjun ini.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk menuju kawasan air terjun mangku sakti ini cukup murah, kamu hanya perlu membayar Rp. 10.000 saja!

9. Desa Adat Ende

Souvenir khas ala Desa Adat Ende.

Dusun Ende berjarak sekitar 9,1 kilometer dari Bandar Udara Internasional Lombok. Lokasinya cukup mudah dijangkau kendaraan. Sebab, posisi dusun ini berada di Jalan Raya Kuta Lombok. keunikan dari susuk sasak di Desa Ende ini adalah rumah adat yang bernama bale tani. Bale berarti rumah tani berarti petani dalam bahasa suku sasak. Atap rumah adat tersebut dibuat lebih rendah dari tinggi pintu agar tamu yang hendak masuk ke rumah menundukkan kepalanya.

10. Desa Adat Sade

Pintu Masuk Desa Adat Sade.

Dengan luas sekitar 3 hektar, Desa Sade dihuni 150 rumah dengan jumlah penduduk sebanyak 700 orang yang masih satu garis keturunan. Desa Sade dijadikan desa wisata dikarenakan desa ini ditempati oleh suku asli Suku Sasak Sade Lombok yang masih memegang teguh kepercayaan, nilai budaya serta adat istiadat leluhur.

Tiket Masuk

Untuk biaya masuk menuju desa ini wisatawan tidak dipungut biaya apapun, alias Gratis.

11. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu, Surga Alam Lombok

Air terjun ini adalah salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan jika Anda berkunjung ke kaki Gunung Rinjani.

Air Terjun Benang Kelambu tampil sebagai air terjun yang melebar dengan aliran yang halus bak kelambu atau tirai. Tampilannya yang unik dan menarik ini menjadi salah satu daya tarik air terjun di kaki Gunung Rinjani ini. Air terjun ini cukup tinggi, tetapi karena terbagi menjadi beberapa tingkat, air terjun menjadi terlihat lebih pendek dari aslinya.

Secara keseluruhan, ada tiga tingkat air terjun, yaitu tingkat pertama yang berasal dari mata air dengan ketinggian 30 meter, tingkat kedua dengan ketinggian 10 meter, dan tingkat ketiga dengan ketinggian 5 meter.

Tiket Masuk

Untuk menuju ke kawasan ini relatif cukup murah, kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000 untuk menikmati indahnya pesona Air Terjun Benang Kelambu.

12. Air Terjun Benang Stokel

Berdekatan dengan Air Terjun Benang Kelambu, kamu dapat menikmati indahnya Air Terjun Benang Stokel. Air Terjun Benang Stokel inilah yang akan dijumpai oleh wisatawan terlebih dahulu sebelum Benang Kelambu. Untuk harga tiket masuk karena masih dalam satu ruang lingkup, kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000 saja.

13. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

TWA Gunung Tunak sebagai salah satu kawasan hutan konservasi dibawah pengelolaan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Provinsi Nusa Tenggara Barat (BKSDA NTB). Di dalam hutan Gunung Tunak, kamu dapat menemukan gundukan sarang burung langka berikut Megapodius/burung gosong. Di tempat ini juga wisatawan bisa mengunjungi beberapa tempat antara lain pantai pasir putih, tebing batu dengan kegiatan wisata alam yakni jungle tracking, swimming dan pengamatan satwa.

Tiket Masuk

Untuk menuju kawasan ini kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 5.000 untuk hari biasa dan Rp. 7.500 untuk weekend.

14. Pantai Semeti

Pantai semeti dengan bebatuan karang

Daya tarik Pantai Semeti ini adalah dengan banyaknya bebatuan karang yang mengelilingi area pantai. Wisatawan juga dapat disuguhkan dengan kegiatan Surfing, karena ombak pantai yang cenderung besar.

Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk ke pantai ini kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000 saja.

15. Pantai Telawas

Panorama Pantai Telawas dikelilingi karang dan bukit

Lokasi yang dekat dengan pantai semeti, pantai ini masih sepi pengunjung. Kamu dapat menikmati keindahan pantai secara leluasa. Dikelilingi dengan bebatuan karang dan bukit, pantai ini punya daya tarik tersendiri. Di pantai ini kamu bisa camping dengan harga Rp. 25.000. Untuk sewa tenda dikenakan biaya Rp. 50.000. Jika hanya berkunjung saja, kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000

Leave a Reply

Your email address will not be published.